Nyeri pada Gigi? Berikut Rekomendasi Obat Sakit Gigi dari SehatQ.com

sakit gigi

Rasa nyeri di area gigi yang bisa muncul tiba-tiba mudah sekali mengganggu aktivitas. Menurut SehatQ, nyeri di area ini berhubungan juga dengan aliran syaraf yang bisa membuat penderitanya jadi kesulitan berkonsentrasi. Apalagi nyeri yang dirasakan termasuk pada tingkatan tinggi dan tidak bisa ditahan lagi.

Jika Anda sering mengalaminya, lebih baik selalu sediakan obat-obatan yang berfungsi meredakan nyeri atau sakit gigi di kantong, maupun di rumah Anda. Ada beberapa nama obat sakit gigi dalam direktori obat yang umum digunakan dalam meredakan sakit gigi. Sebagian besar obat-obatan ini bisa dibeli bebas di apotek dan toko obat.

Obat untuk Meredakan Sakit Gigi

Ini dia rekomendasi obat pereda sakit gigi yang bisa Anda coba.

  • Ponstan

Ponstan menjadi salah satu obat yang sudah lama dikenal untuk redakan sakit pada gigi. Kandungan utamanya berupa asam mefenamat. Obat ini berbentuk tablet yang bisa diminum 2-3x dalam sehari.

Tidak hanya sakit gigi, ponstan juga bisa dikonsumsi untuk bantu meredakan nyeri akibat sakit kepala, nyeri di bagian otot, dan nyeri yang muncul sebagai efek setelah menjalani prosedur pembedahan.

  • Cataflam

Berikutnya ada Cataflam yang memiliki dua macam tablet kecil dengan masing-masing memiliki ukuran 25 mg dan 50 mg. Cataflam mengandung diklofenak sodium, berupa satu jenis zat aktif yang berfungsi dalam menghambat produksi prostaglandin.

Prostaglandin merupakan enzim yang bisa diproduksi oleh tubuh dan menciptakan rasa nyeri. SehatQ obat ini digunakan untuk meredakan nyeri dengan indikasi rheumatoid arthritis, osteoarthritis, ankylosing spondylitis, nyeri haid, dan sakit gigi.

  • Mefinal

Mefinal merupakan obat yang serupa dengan Ponstan, sama-sama memiliki kandungan utama asam mefenamat. Mefinal berfungsi dalam meredakan nyeri ringan yang dipicu oleh gangguan sendi, sakit kepala, rematik, sakit gigi, nyeri pada otot, dan nyeri pada saat haid.

Anda yang mempunyai riwayat tukak lambung dan maag, konsultasikan lebih dulu dengan dokter. Begitu juga dengan Anda yang menderita gangguan hati dan ginjal.

  • Biogesic

Obat pereda nyeri yang bisa mengatasi sakit gigi lainnya ialah Biogesic. Biogesic mengandung parasetamol sebagai kandungan utama yang berfungsi dalam menghambat munculnya prostaglandin, senyawa yang menyebabkan munculnya rasa nyeri pada tubuh. Senyawa ini juga bisa memicu rasa nyeri hebat bila dibiarkan dan menyebabkan terjadinya peradangan.

Biogesic bisa dikonsumsi untuk meredakan sejumlah gejala peradangan di antaranya demam, nyeri sendi dan otot, sakit kepala, sakit gigi, juga mengobati nyeri-nyeri dari gejala flu. Obat ini bisa dikonsumsi 1-3x dalam sehari.

  • Sanmol

Sama dengan Biogesic, Sanmol juga memiliki kandungan utama berupa parasetamol. Sanmol biasa diresepkan dokter sebagai obat umum dan bisa dibeli bebas. Obat ini memiliki fungsi dalam meredakan demam, sakit kepala, dan nyeri yang disebabkan enzim siklooksigenase.

Dalam keterangan direktori obat enzim ini mampu memicu meningkatnya suhu tubuh dan menciptakan rasa nyeri. Sanmol tergolong obat ringan yang bisa juga diberikan pada anak-anak. Namun untuk wanita hamil, lebih baik konsultasikan lebih dulu dengan dokter.

Anda bisa menemukan lebih banyak informasi mengenai berbagai obat di portal SehatQ melalui website SehatQ.com. Tidak hanya informasi dan berita terbaru seputar kesehatan, Anda juga bisa konsultasi singkat bersama para dokter ahli di bidangnya secara praktis  melalui gadget Anda. Selain itu, Anda bisa buat jadwal check up dan tes kesehatan di laboratorium atau rumah sakit dengan lebih efisien.

Kesehatan
Tags: