Info SehatQ, 5 Panduan Aman Konsumsi Susu Formula untuk Anak

merek susu formula

Konsumsi susu formula tidak bisa dilakukan asal-asalan. Perlu ada perhatian khusus yang diberikan orang tua pada anak saat mengonsumsi susu formula. Mulai dari pemilihan merek susu formula yang tepat hingga cara pemberiannya juga tak boleh sembarangan. Hal ini sangatlah penting supaya anak bisa mendapatkan gizi terbaik dari susu formula yang diminum.

Aman Minum Susu Formula

Setiap orang tua sebaiknya memiliki pertimbangan tertentu saat memberikan susu formula kepada anak. Anda juga perlu memahami cara pemberian susu yang aman. Berikut adalah beberapa panduan aman konsumsi susu formula untuk buah hati:

1. Selalu Konsultasikan

Hal pertama yang sangat penting untuk dijadikan prinsip dalam pemberian susu formula adalah selalu berkonsultasi. Pastikan untuk memberikan susu formula berdasarkan rekomendasi dari tenaga kesehatan. Tanyakan kepada dokter apakah kondisi anak memungkinkan untuk meminum susu formula.

Konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional sangatlah penting karena akan membantu Anda untuk memahami kondisi si kecil. Anda tahu bagaimana status gizi anak sebelum meminum susu formula. Lewat konsultasi Anda juga bisa mendapat rekomendasi susu yang tepat sesuai kebutuhan gizi anak.

2. Pilih Produk yang Tepat

Pastikan untuk memilih merek susu formula yang tepat dengan kandungan gizi sesuai kebutuhan. Susu formula yang beredar di pasaran sangat banyak dan Anda harus selektif memilih susu untuk dikonsumsi si kecil. Perhatikan kadar gula, lemak, protein, dan komponen gizi lain yang ada dalam produk susu tersebut.

Pilih produk susu yang diformulasikan sesuai tahap usia anak Anda. Perhatikan juga jenis rasa dan tanggal kadaluarsa produk susu sehingga aman untuk dikonsumsi si kecil. Anda bisa meminta rekomendasi dari tenaga kesehatan mengenai produk susu yang cocok sesuai kebutuhan gizi anak.

3. Ketahui Dosis yang Aman

Anda tidak seharusnya memberikan susu kepada si kecil dengan dosis sembarangan. Banyak juga orang tua yang memberikan susu sebanyak mungkin karena anak suka dengan susu tersebut.

Padahal, dosis pemberian susu harus tetap diperhatikan. Pemberian susu harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi si kecil. Anda bisa mengikuti aturan pemberian yang tercantum pada kemasan produk.

4. Atur Jadwal Minum

Penting sekali untuk mengatur jadwal minum susu si kecil. Ingat, anak tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan gizinya lewat minum susu. Susu formula bukanlah sumber gizi yang utama namun anak tetap harus mengonsumsi bahan makanan sehat bergizi lengkap.

Agar anak bisa minum susu dan tetap lahap makan dengan baik maka buatlah jadwal yang tepat. Susun jadwal agar waktu minum susu dan waktu makan tidak berdekatan. Jika berdekatan, maka anak sudah merasa kenyang dan pasti enggan makan atau minum susu. Cara ini efektif untuk membantu anak menghabiskan susunya namun juga tetap memiliki nafsu makan yang bagus.

5. Selalu Jaga Kebersihan

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan selama menyajikan susu untuk si kecil. Mulai dari kebersihan semua peralatan minum susu seperti botol dan gelas. Bersihkan juga kedua tangan sebelum membuat susu formula untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri. Pastikan untuk menyimpan susu formula dengan tepat setelah dibuka dari kemasan agar terjaga kebersihannya.

Itulah beberapa hal yang penting untuk dilakukan saat memberikan asupan susu formula pada buah hati. Jika merasa ragu dalam memilih produk susu yang tepat, pilihlah berdasarkan review dari orang tua lain. Ulasan seperti ini bisa ditemukan dengan mudah lewat layanan SehatQ. Tak hanya menemukan ulasan penting, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter lewat layanan ini.

Kesehatan